Informasi

Liburan Murah Meriah di Kota Jogja dengan TransJogja

 
sumber photo: http://dishub.jogjaprov.go.id

Kalian sudah pasti tau kan, kalau pemerintah daerah Yogyakarta mengembangkan transportasi massal bernama TransJogja sudah cukup lama. Trans Jogja, merupakan moda transportasi berbasis bus yang diluncurkan pertama kali tahun 2008. Konsepnya mirip dengan TransJakarta, dengan beberapa rute, halte tempat naik turun penumpang dan harga tiket sekali jalan yang murah meriah. Armada busnya pun nyaman, dengan AC dan tempat duduk memadai. Hingga saat ini TransJogja sudah melayani hingga 17 Koridor yang menghubungkan seluruh bagian DI Yogyakarta

Moda transportasi yang satu ini tidak hanya bermanfaat untuk warga lokal. Selain sebagai alat transportasi sehari-hari yang harga tiketnya terjangkau, hanya Rp 3500 saja untuk sekali perjalanan transjogja juga sangat membantu wisatawan untuk menuju tempat liburan mereka dengan harga murah meriah. Asyiknya lagi, ada banyak tempat wisata di Jogja yang bisa dijangkau dengan TransJogja.

Malioboro


Alternatif wisata ke Jogja bisa menggunakan transportasi pesawat. Dengan murahnya tiket Lion Air yang bisa membawamu mendarat di Bandara Adi Sucipto, kamu bisa menumpang TransJogja rute 1A untuk menuju kawasan Malioboro. Jadi nggak perlu keluar kocek mahal lagi sebagai ongkos taksi dari bandara menuju penginapan di Malioboro dan sekitarnya. Cukup sekali naik TransJogja, kamu bisa sampai ke pusat kota Jogja dengan mudah.

Keraton Jogja dan Taman Sari
Masih dengan TransJogja jalur 1A, kalian bisa turun di halte Benteng Vredeburg dan lanjutkan dengan berjalan kaki sekitar lima menit untuk menuju Keraton Yogyakarta. Dari Keraton, kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju Taman Sari yang ada di belakang tempat tinggal keluarga Kerajaan Yogyakarta ini. 


Agar tidak terlalu capai dalam perjalanan kembali menuju Benteng Vredeburg, naiklah becak dari Taman Sari. Memang kalian akan diajak 
sedikit memutar melalui tempat oleh-oleh, tapi kamu nggak harus beli kok.

Candi Prambanan

Masih di jalur 1A, tujuan menarik lain yang bisa kamu kunjungi di dekat halte TransJogja adalah Candi Prambanan. Halte terakhir TransJogja tepat bersebelahan dengan Candi megah di perbatasan Jogja – Klaten ini. Lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menuju dalam kawasan Candi, karena jaraknya sangat dekat sekali.

Selain Candi Prambanan, dari halte terakhir TransJogja 1A kamu juga bisa menuju Candi Ratu Boko. Untuk menuju ke sana, kamu bisa naik ojek yang tersedia di dekat halte transJogja. Atau juga bisa melakukan perjalanan terusan dengan shuttlebus dari Candi Prambanan ke Ratu Boko.


Pastikan kamu tiba di Prambanan sebelum siang jika ingin melakukan perjalanan lanjutan ke Ratu Boko ya. Karena setelah jam 3 sore, shuttle tidak lagi tersedia.

Kebun Binatang Gembira Loka dan Keraton Pakualaman
Untuk menuju ke dua tempat menarik ini kamu bisa naik TransJogja rute 1B. Kamu bisa mengawali perjalanan dari Bandara Adisucipto, Tugu Jogja atau Stasiun Tugu dan kawasan Pasar Kembang untuk naik TransJogja 1B. Cukup dengan sekali naik saja, kamu bisa menuju ke Kebun Binatang Gembira Loka atau Keraton Pakualaman yang nggak kalah menariknya dari Keraton Kesultanan Yogyakarta.

Dengan rute 1B pula kamu bisa melihat betapa megahnya kampus UGM atau berburu bakpia di Pasar Pathuk. Selain itu kamu juga bisa main ke Ambarrukmo Plaza, salah satu mall terbesar di Yogyakarta.

Selain beberapa tempat di atas, masih ada banyak lagi destinasi wisata yang bisa kamu tuju dengan TransJogja yang murah meriah. Moda transportasi ini beroperasi mulai pukul 05.00 – 21.30 WIB dengan halte yang tersebar di seluruh penjuru kota. Mudah untuk ditemukan.

Sudah punya banyangan bakal ke mana aja selama di Yogyakarta dengan naik TransJogja? Selamat liburan di Yogyakarta!

About Zamsjourney

Seorang blogger yang mempunyai hobi travelling dan photography sekaligus admin di HALOnetizen.com. Beberapa pengalaman saat travelling dan pengalaman lainnya bisa kalian baca di blog ini. Salam kenal dan semoga bermanfaat :)

1 comments:

  1. yup bener banget, ane pernah muter2 jogja naik trans cm buat ngilangin suntuk hahaha, murmer sih

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.