#MenduniakanMadura

Di Balik Layar #MenduniakanMadura Part 1

Di balik kesuksesan sebuah event, pasti ada panitia yang  sibuk mempersiapkan acara, eksekusi kegiatan hingga acara tuntas berakhir. Begitu juga dengan kegiatan #MenduniakanMadura ini. Acara yang mengundang puluhan blogger dari berbagai daerah untuk mengelilingi Madura selama empat hari tiga malam pada tanggal 22-25 November 2016. Acara yang mengambil tagline "#MenduniakanMadura Menapaki Jejak Pembangunan BPWS" ini didanai sepenuhnya oleh BPWS dan eksekutornya dipercayakan kepada teman-teman Plat-M. 

Beberapa panitia berphoto bersama. Credit Photo: Panita #MenduniakanMadura2016

Mulai dari tahap persiapan awal, beberapa orang pentolan Plat-M harus rutin berkonsultasi dengan pihak BPWS. Mereka harus meluangkan waktu di sela-sela kesibukan rutinitas harian. Setidaknya tiga hingga empat kali mereka harus wira-wiri dari Bangkalan menuju kantor BPWS di Surabaya. Kemudian mereka langsung memaparkan hasil koordinasi tersebut ke teman-teman panitia lainnya di basecamp Plat-M. 

Sedangkan beberapa panitia yang ada di luar kabupaten seperti Sampang, Pamekasan dan Sumenep bisa memantau rekap hasil rapat via group chat. Satu-persatu personel yang kebagian tugas, mulai mengerjakan tugas dari kota masing-masing. Jarak tidak menghalangi kami untuk tetap berkoordinasi dan berbagi peran. 

Kerelaan teman-teman blogger nasional yang bersedia hadir dengan tanpa uang pengganti transportasi ke Madura itu merupakan suatu kebanggaan sekaligus tantangan tersendiri bagi kami. Salah satu tantangan terbesarnya adalah bagaimana kami menjamu  teman-teman blogger nasional semaksimal mungkin dengan kemampuan yang kami punya.

Salah satu yang kami pikirkan pertama kali adalah proses penjemputan peserta. Aku, Sayadi dan Wahyu yang bertugas merekap sekaligus memastikan kembali waktu kedatangan mereka hingga sekitar pukul 22.00 WIB. Rekap dan pembagian tugas penjemputan cukup menyita waktu di rapat koordinasi terakhir (H-1) ini. Waktu kedatangan beberapa peserta di stasiun dan terminal cukup terpaut jauh satu sama lainnya

Dengan tiga mobil, kami  menjemput peserta di berbagai titik lokasi. Armada pertama yang digawangi oleh Ilham Bagus dan Ali Muhtar meluncur ke Surabaya dari Bangkalan Madura pukul 01.30 WIB dini hari menuju stasiun. Penugasan yang cukup berat bagi mereka, mengingat mereka hanya sempat memejamkan mata satu jam saja setelah rapat persiapan terakhir sebelum melakukan penjemputan. Tetapi mereka lakukan dengan senang hati tanpa berkeluh kesah sedikit pun. Sungguh aku kagum pada loyalitas mereka berdua. Yang membaca bagian ini dan yang dijemput tolong doakan semoga mereka berdua mendapat istri yang sholehah dan jangan lupa ketik Aamiin di kolom komentar  haha...

Saat itu, aku juga terpaksa meminta bantuan kepada salah satu peserta yang berdomisili di Surabaya. Aku meminta kesediaannya agar kost-annya bisa ditumpangi istirahat oleh salah satu peserta dari Jakarta yang tiba di stasiun sekitar pukul 01.30 WIB.  Tentu saja Ilham Bagus dan Ali Muhtar yang bertugas menjemput dan mengantar ke kost-an. Hei kamu, iya kamu…terimakasih ya telah mau panitia repotin dan digangguin jam tidurnya!

Tugas tim penjemputan belum berakhir, mereka harus standby di stasiun sampai pukul 06.00 WIB menunggu kedatangan peserta lainnya secara bertahap. Kemudian armada kedua dan ketiga barulah secara bersamaan menjemput peserta lainnya mulai pukul 07.00 WIB ke terminal, ada yang ke stasiun dan ada yang ke hotel. Tugas mereka tidak berhenti disini, dua panitia dari tiga orang yang bertugas jadi driver juga menjadi driver tak tergantikan selama mengelilingi Madura. Terlihat sadis ya? tetapi hal ini terjadi karena diantara kami yang bisa menyetir memang cuma dua orang itu saja hehe... Salut untuk kalian, aku tahu ini  pengorbanan yang tidak kecil kawan! 

Bersambung…

About Zamsjourney

Seorang blogger yang mempunyai hobi travelling dan photography sekaligus admin di HALOnetizen.com. Beberapa pengalaman saat travelling dan pengalaman lainnya bisa kalian baca di blog ini. Salam kenal dan semoga bermanfaat :)

27 comments:

  1. Hei kamu ny cc-in gih mas.. Hahahaha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak usah mas nanti dia besar kepala haha

      Hapus
  2. Siapa sih yg kamu kamu ituuuhhh....jadi kepo :)
    makasih ya Zam dan semua dulur2 Plat-M, kalian memang mantabz

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap mbak, kami sangat senang bisa berkumpul dengan para blogger yang hadir kemarin.

      Hapus
  3. Aminnnnnnnn ---buat yang butuh diaminin... Nah...'kamu' nya itu bikin kepo haha. Thanks eniwei ya temen-temen Plat-M. You're Rock lah pokoknyaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha...| sama-sama mbak dian :)

      Hapus
  4. Kerja keras panitia memang luar biasa. Salut dan senang bisa bergabung dengan acara yang luar biasa ini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salut dan senang juga bisa ngumpul bareng bersama kalian

      Hapus
  5. Salah satu blogger Plat M yang kenal udah lama, tapi baru ketemu dua kali ini. hehe. Terima kasih ya atas semuanya selama di Madura. salam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kang. Terimakasih juga untuk ilmu yang Kang Pardi sharing selama empat hari di Madura.

      Hapus
  6. Aku mah panitia 'siluman' yak :D
    tidak ikut mempersiapkan dari awal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan masalah, yang penting tetap ikut koordinasi via group chat. Aku juga panitia yang kurang berperan hehe

      Hapus
  7. wah pengorbananya itu, loh !
    Jadi terharu :)

    BalasHapus
  8. Kamunya itu yang di maksuk cewe alpukat ya mas ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak usah diberi inisial nanti dia besar kepala ko hahhaa

      Hapus
  9. Penasaran sama "kamu" nya, ah. Hehehe. Aku seneng loh udah bisa kenal temen2 Plat M dan panitianya yang kece2 itu. Semoga lain waktu bisa ketemu lagi ya, mas :).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiiin, kami juga senang dan bangga mbak Molly jauh-jauh dari Medan mau bergabung dengan acara kami yang sederhana ini :D

      Hapus
  10. Mas, bagian ini kok ngga masuk di tulisanku ya. Semakin menambah catatan behind the scene acara gokil ini. Hihi.. Jadi 'kamu' itu adalah.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya klo mau ditulis semua, masih banyak behind the scene yang harus ditulis yu :D

      Hapus
  11. 'Hei kamu, iya kamu…terimakasih ya telah mau panitia repotin dan digangguin jam tidurnya!'
    --- capa nihhhhh *kepo* :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga terus kepo dan sering maen ke blog ini ko :D

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.