Fotografi

Surabaya North Quay, Kawasan Wisata Baru Persembahan Pelindo


Surabaya North Quay (SNQ) adalah sebuah kawasan wisata baru yang mulai dibuka untuk umum pada bulan Februari 2016. Aku berkesempatan dua kali menginjakkan kaki di tempat ini. Yang pertama, saat kapal pesiar internasional, MS Rotterdam bersandar di dermaga mewah ini. Kunjungan yang kedua saat bersama rombongan netizen Jawa Timur dan pecinta Polri. 

SNQ tepatnya berlokasi di lantai dua dan tiga gedung Gapura Surya Nusantara.  Gapura Surya Nusantara sendiri merupakan pelabuhan laut termegah dan modern di Indonesia untuk saat ini. Pelabuhan ini sekaligus sebuah kado terindah dari Pelindo III untuk Indonesia. Pelabuhan yang bisa mengharumkan Indonesia sekaligus mengukuhkan jati diri sebagai negara maritim.



Saat pertama kali memasuki pintu utama gedung ini, kesan yang aku rasakan serasa memasuki bandara. Suasana yang sangat nyaman sekali. Dinginnya suhu ruangan yang selalu terjaga, interiornya yang mewah dan aku berujar dalam hati "memang sangat layak untuk menjadi alternatif wisata pilihan". 
Aktivitas Check-in di Gapura Surya Nusantara
Ornamen gelombang ombak dan aktivitas check-in di Gapura Surya Nusantara


Lantai dua Gapura Surya Nusantara
Lantai dua Gapura Surya Nusantara
Apalagi di bulan Ramadhan kali ini, SNQ bisa menjadi alternatif tempat ngabuburit ataupun buka bersama kalian. Karena apa? tentunya karena tempatnya sangat asyik sekali untuk menanti datangnya waktu maghrib tiba. Kalian tidak perlu khawatir tidak bisa menunaikan ibadah shalat maghrib, karena terdapat musholla yang bersih dan bisa dibilang cukup besar di lantai tiga ataupun lantai satu (samping eskalator).

Di lantai tiga, terdapat food court dengan berbagai pilihan kuliner serta aneka kerajinan produk UMKM khas Jawa Timur. Yang paling aku suka dari tempat ini adalah konsep interiornya. Ruangan ini dihiasi dengan pernak-pernik berbagai keragaman budaya dan seni di Jawa Timur.




Salah satu pernak-pernik yang paling aku suka, Malangan Mask 

Seharusnya bandara di Indonesia khususnya bandara international bisa mengadopsi konsep interior seperti ini. Kita ketahui bersama, bandara kita beberapa diantaranya memang sudah bagus walaupun belum bisa mengalahkan kemewahan dan kecanggihan bandara di luar negeri sana. Dengan konsep ini, bandara kita akan mempunyai nilai lebih sebagai etalase "Wonderful Indonesia", sebagai galeri kekayaan ragam budaya Indonesia. Penumpang yang melihatnya akan merasakan takjub dan penasaran sehingga diharapkan bisa mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan asing ke Indonesia.

View Kapal dari Surabaya North Quay
Tak ada kapal pesial pun, kapal besar antar pulau  pun juga tidak kalah menarik.
Di roof top SNQ, kalian bisa melihat indahnya view laut serta menyaksikan ramainya aktivitas di Selat Madura. Mulai dari kapal kecil maupun kapal besar yang berlalu lalang berlayar ataupun yang sedang bersandar akan mudah kalian saksikan dari lantai tiga ini. Jika beruntung kalian juga bisa menyaksikan indahnya detik-detik matahari terbenam sambil duduk bersama beralaskan rumput artificial di roof top sisi utara dan selatan.
Roof top Surabaya North Quay
Ngabuburit disini enak, bisa selonjoran menunggu matahari terbenam



Selain itu salah satu daya tarik utama SNQ adalah ketika ada kapal cruise international bersandar. Kalian bisa berselfie ria dengan latar kapal pesiar yang mewah, sambil berharap suatu saat nanti kitalah yang menjadi salah satu penumpang di atas kapal tersebut hehe... Mari kita doakan bersama semoga Gapura Surya Nusantara ini sering disinggahi kapal pesiar dan mampu mendongkrak wisata dan perekonomian di Jawa Timur.

Untuk menuju Surabaya North Quay ini, kalian tinggal mengikuti jalan Perak Timur. Lurus saja terus ke utara, tidak perlu berbelok arah walaupun melihat petunjuk arah menuju rumah sakit pelabuhan atau pelabuhan Tanjung Perak. Karena yang kita tuju bukan pelabuhan Tanjung Perak. Lurus saja terus sampai melihat gerbang pelabuhan. Dari gerbang ini sudah akan terlihat gedung mewah yang didominasi warna biru yang tidak lain merupakan Gerbang Surya Nusantara.

Untuk pengguna motor dikenakan tiket masuk sebesar RP. 5.000,-, untuk mobil Rp. 7.500,-. Berdasarkan info yang aku dapat, tiket tersebut merupakan premi asuransi jiwa sekaligus biaya parkir. Selebihnya gratis. Masuk gedung gratis, toilet pun juga gratis kecuali kalian mau membeli produk atau makanan tentunya. Murah bukan? jadi kalian kapan yang mau ngabuburit disini?.

About Zamsjourney

Seorang blogger yang mempunyai hobi travelling dan photography sekaligus admin di HALOnetizen.com. Beberapa pengalaman saat travelling dan pengalaman lainnya bisa kalian baca di blog ini. Salam kenal dan semoga bermanfaat :)

2 comments:

  1. ihhh...keren yaaa. aku diajak dong kak, ngabuburit disanaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih kunjungannya :D ajak teman-teman tekadru bukber di SNQ ya

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.