Event

Catatan Press Conference Pertamaku



Halo netizen! kali ini aku akan menuliskan pengalaman pertamaku menghadiri acara press conference (prescon) movie. Seperti apa ceritanya? luangkan sedikit waktumu untuk membacanya ya.. .please dibaca ya.. serius ini pengalaman pertamaku! haha... 

Sesuai undangan yang aku terima, acara ini dijadwalkan digelar pada tanggal 24 Mei 2016, pukul 10.00 -12.00 WIBAku baru tiba di Novotel pukul 10.25 WIB. Selama perjalanan menuju lokasi sedikit terjebak macet. Dengan sedikit tergesa-gesa, aku langsung memencet tombol lift lantai sepuluh menuju ruangan Airlangga. 

Di dalam ruangan, tampak beberapa tamu undangan sudah duduk diantara belasan kursi yang masih kosong. Di sisi paling depan, terdapat lima kursi yang masih kosong--menanti bintang tamu utama mendudukinya. Sebuah tulisan sangat besar "SUNDUL GAN"   tercetak dengan jelas di backdrop

Saat memasuki ruangan, aku diarahkan menuju bagian administrasi untuk mengisi daftar hadir. Sedikit terkejut, ternyata dari daftar hadir yang aku baca, tertulis jelas nama-nama media berita ternama. Padahal sebelumnya aku mengira, acara ini hanya akan dihadiri teman-teman komunitas Surabaya saja, bukan wartawan. 

"Undangan Komunitas" begitulah bunyi email yang di forward Anam-ketua komunitas Plat-M yang masuk ke emailku. Email tersebut mereka terima langsung dari sebuah agency yang berkantor di Jakarta. Anam memintaku untuk mewakili teman-teman Plat-M untuk menghadiri acara ini. Begitulah asal muasalnya aku bisa menghadiri acara ini. 

Setelah mengisi daftar hadir, aku langsung mendapatkan segelas cendol--sesuai ciri khas dari film yang akan dibahas kali ini. Aku pun bincang-bincang ringan dengan teman media yang duduk tepat di depan posisi kursiku. "Biasanya jika prescon, teman-teman media emang datang satu jam kemudian, daripada waktu yang tertulis di undangan" ujarnya. Padahal aku sudah tergesa-gesa dari setengah berlari, dari parkiran menuju ruangan prescon.

Sekitar pukul 11.00 WIB, acara pun dimulai. Joanna-sang pembawa acara langsung memanggil lima sosok orang yang berperan penting dalam film ini. Dion Wiyoko, Ken Dean Lawadinata, Naya Anindita, Andrew Darwis dan Albert Halim secara berurutan masuk ke ruangan dan langsung duduk di lima kursi kosong yang telah disediakan tadi. 


Ok langsung ke bagian utamanya ya. Film ini berjudul SUNDUL GAN: THE STORY OF KASKUS. Sebuah film inspirasi dengan sentuhan komedi yang diadaptasi dari kisah perjalanan Ken Dean Lawadinata dan Andrew Darwis dalam membangun Kaskus dari awal hingga menjadi situs forum komunitas terbesar dan nomor satu di Indonesia. 

Suasana selama prescon sangat asyik, penuh canda tawa. Aktor dan dua petinggi Kaskus, satu sama lain saling menimpali saat mereka menjawab pertanyaan dari pembawa acara dan dari awak media. Saling keroyokan, penuh keakraban layaknya mereka sudah bersahabat lama.

Seperti saat menjawab pertanyaan, mengapa memilih genre komedi? Naya menjawab, "Emang pada dasarnya, hidup orangnya komedi gitu, jadi gak dibuat-dibuat, anak satu (Ken) gak pernah sekolah, bolos mulu, maen game mulu kerjaannya, kuliah juga di DO, yang ini satunya (Darwis) absurd, di depan laptopan mulu...jadi pada dasarnya (perjalanan) kaskus emang komedi." 

Kemudian Ken langsung menimpali "bisa bayangin nggak, kalo misalkan Naya suruh directorin film mengharukan seperti seperti Habibie & Ainun, Habibie & Ainun gak akan jadi Habibie & Ainun, orangnya (yang nonton) gak akan nangis." Gelak tawa keras pun pecah di ruangan yang tidak terlalu luas ini. 






Sekilas tentang Naya Anindita, jika kalian pernah nonton liputan travel berseri yang dikonsep kocak dan absurd "Jalan-Jalan Men", kalian pasti mengenal Naya sebagai lawan mainnya Jebraw. Selain itu film pendek karyanya yang berjudul "Anna & Ballerina" pernah memenangkan award dari IFF Australia tahun 2015 (Indonesian Film Festival) sebagai most favorite short movie. Film Sundul Gan ini merupakan film layar lebar pertamanya. 

Menurut Dion, salah satu tantangan terberat dalam memerankan Ken adalah dia harus menaikkan berat badannya hingga sepuluh kilogram. Dion mengaku hanya membutuhkan waktu sekitar satu bulanan untuk menaikkan berat badan, tetapi butuh sekitar tiga bulan untuk menurunkannya.  

Pemilihan Dion sebagai pemeran Ken terbilang unik, Naya sang sutradara menawari posisi tersebut saat Dion keluar dari toilet di sebuah Mall Jakarta. 

"Eh bro, loe mau  main film nggak, gue lagi mau bikin film, gue sutradara Sundul Gan" 
"Hah loe siapa?" 
"Gue boleh minta nomernya nggak?"
"Hmm..hmmm" Dion saat itu bingung saat ditawari begitu. 
"Mungkin dia pikir gue fans dia yang lagi modus (sampek ngejar-ngejar dia sampai ke toilet) haha..." Akhirnya Naya memutuskan minta nomer handphone managernya Dion. 

Sedangkan salah satu tantangan terbesar Albert dalam memerankan Andrew Darwis sebagai pendiri kaskus adalah ia harus selalu memajukan dagunya saat berbicara. Kalian tahu sendiri, kalau Andrew Darwis yang selama ini dikenal dengan sebutan mimin (Admin) di forum kaskus juga dikenal dengan "dagumen", pria yang berdagu panjang haha... 

Setelah selesai prescon, acara dilanjutkan sesi photo dan wawancara langsung. Karena bukan dari media massa, aku mengabaikan sesi wawancara ini. Satu yang aku targetkan, aku harus photo bersama mimin, Titik! 







Jujur, aku tidak sabar untuk menonton kocaknya film ini. Presconnya saja sudah sangat kocak apalagi filmnya. Sebagai informasi film Sundul Gan: The Story of Kaskus akan tayang perdana serentak di seluruh bioskop Indonesia pada tanggal 2 Juni 2016. 




About Zamsjourney

Seorang blogger yang mempunyai hobi travelling dan photography sekaligus admin di HALOnetizen.com. Beberapa pengalaman saat travelling dan pengalaman lainnya bisa kalian baca di blog ini. Salam kenal dan semoga bermanfaat :)

7 comments:

  1. Kl yg ini gak pake "contoh undangan" ya mas?? DHîí:phïi:DHïÏ sip..sip.., salam all the best ya..^.^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha...contoh undangannya hanya di group whatsapp saja mbak :D. terimakasih kunjungannya mbak

      Hapus
  2. wiih... keren nih mainnya ke presscon. ada foto bareng sama artisnya ga kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada dong, photo bareng sama Naya dan Mimin :D

      Hapus
  3. Wah, zam ketemu Naya (gak kabar2 ada acara sekeren ini) sundul gan hahahaha #toptop

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha.. komunitas yang diundang cuma Plat-M sepertinya kak dik, selain itu dari media semua :D

      Hapus
  4. akuu blum nonton pilem iniii

    bukanbocahbiasa(dot)com

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.