Kopdar

Akrab dan Seru, Kopdar Netizen di Madura bersama Kapolda Jatim

Kapolda Jawa Timur Anton Setiadi

Langit menumpahkan airnya tanpa henti sejak adzan ashar berkumandang. Tepatnya Jum'at, 26 Februari 2016. Sampai malam tiba, hujan belum reda juga. Hal itu tidak menghalangi kami, untuk berkumpul menghadiri acara along-polong bersama Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Anton Setiadji. Kopdar ini merupakan kali kedua, dengan jumlah peserta yang lebih banyak dibanding sebelumnya. Kapolda Jatim periode kali ini memang sangat terbuka untuk lebih dekat dengan masyarakat dan netizen Jawa Timur. 
***

Netizen dari empat kabupaten di Madura yang di dominasi blogger Plat-M mulai berdatangan sejak pukul 16.00 WIB. Acara kopdar dihelat di RM Ole-Olang Bangkalan. Saat kami tiba di lokasi, terlihat beberapa polisi bidang Humas Polda Jatim sedang mengkondisikan ruangan. Kombes RP Argo Yuwono, Kabid humas  AKBP Pol Eddwi Kurniyanto SH SIK, beserta jajarannya datang tanpa memakai seragam polisinya. Meja dan kursi di rumah makan kami obrak-abrik posisinya sedemikian rupa sampai di rasa pas. 

Menjelang adzan maghrib, puluhan netizen mulai berdatangan. Netizen dari Surabaya, Sidoarjo, Jember, Malang, Gresik dan Lamongan juga hadir dalam acara ini. Mereka sudah berkumpul di markas Polda Jatim sejak pukul 15.30 WIB sebelum akhirnya meluncur ke Bangkalan bersama rombongan Polda Jatim menggunakan Bus. Diluar, Polantas Polres Bangkalan masih terlihat sibuk mengatur lalu lintas di jalan raya dibawah rintik hujan.  

Semakin malam, suasana di lokasi semakin riuh. Tidak cuma netizen saja, acara ini juga di hadiri Kapolres Bangkalan AKBP Windiyanto Pratomo, Kapolres Sampang, Kapolres Pamekasan dan Kapolres Sumenep beserta jajarannya. Beberapa diantaranya menggunakan pakaian santai, beberapa orang lainnya menggunakan batik.

Sebelum acara inti dimulai, sekitar pukul 19.15 WIB saatnya memenuhi panggilan perut yang mulai keroncongan. Aku langsung memburu "Bebek Cettar", salah satu menu andalan resto ini. Tanpa basa-basi, aku pun langsung khusyuk melahap makan malam di hadapanku. Musik dari electone dan saksofon mengalun merdu menemani makan malam kami.


Pukul 20.19 WIB, Kapolda Jatim tiba di lokasi. Beliau meminta maaf karena datang terlambat. Beliau masih tertahan di acara pertandingan bola volli di Gresik. Klub yang bertanding merupakan klub milik Kapolri. Kejutannya adalah bapak Anton juga mengajak 4 Polwan cantik dari NTMC Polri yang kebetulan bertemu di lokasi pertandingan. Ini mungkin baru pertama kalinya, kopdar netizen dihadiri langsung polwan NTMC Polri. Tapi sayang, sepertinya mereka sudah tidak single hehe… 

Bapak Anton menyampaikan sambutannya dengan sangat santai dan sesekali dengan bercanda. Berikut ini sedikit kutipan sambutan beliau 
"Inilah perlunya.. makanya saya minta rekan-rekan Kapolres bagaimana mengelola, jadi kita bersama teman-teman netizen,  kita memberikan transparansi, berita-berita tentang seperti apa yang sebenarnya terjadi”. 
Bapak Anton juga berharap kebersamaan ini tetap dijaga walaupun saat terjadi pergantian pimpinan dan "rekan-rekan jangan takut saat dipanggil polisi kecuali yang ditilang!" tawa netizen pecah  saat ucapan ini di lontarkan. 

Terbersit dalam benakku "mampukah Kapolres yang hadir menjawab tantangan ini? kita lihat saja nanti bagaimana kelanjutannya  hehe ..."

Selain itu Bapak Anton menyampaikan keinginannya agar orang-orang kepulauan Sumenep ikut mendaftarkan diri saat ada  rekrutmen Polri,  dengan harapan setelah lulus mereka kembali ke pulau masing-masing agar ada yang menjaga pulau-pulau tersebut. 


Penyerahan kaos netizen secara simbolis (photo kiriman di group whatsapp)

Acara dilanjutkan dengan penyerahan kaos Netizen Jatim secara simbolis yang diserahkan langsung oleh polwan dari NTMC Polri ke perwakilan netizen. Kemudian acara di lanjutkan dengan dialog antara netizen dan Kapolda. Banyak netizen yang mengutarakan masalah tentang realita di lapangan yang mereka temui. Rata-rata mengutarakan masalah tilang, masalah perpanjang SIM yang infonya sudah bisa dilakukan secara online, masalah pelanggaran lalu lintas, masalah penipuan jual beli online, masalah pengaduan, masalah dugaan pungli yang terjadi di tengah jembatan Suramadu.

Dalam dialog tersebut disebutkan bahwa untuk masalah pengaduan masyarakat ke polisi  itu bersifat gratis alias tidak ada biaya sepeser pun karena sudah ada anggarannya. Kapolda juga menghimbau untuk hati-hati saat belanja online karena marak adanya penipuan.  

Salah satu dari tiga unek-unek yang aku sampaikan di akhir acara, kurang lebihnya begini:  "Seandainya Polres mempunyai agenda  bakti sosial, mohon kiranya melibatkan para netizen. Agar kegiatan positif ini bisa tersampaikan kepada masyarakat luas. Agar polisi tidak hanya terkenal jago tilang. Kami pun tidak peduli walaupun seandainya hal tersebut bersifat pencitraan. Selama kegiatan itu bersifat positif, kami akan dukung menyebarkan informasi. Siapa tahu kegiatan yang bermula dari pencitraan, malah bisa membuat polisi ketagihan dan terbiasa untuk terus berbuat baik dan lebih dekat dengan masyarakat?". Sudah seperti ustadz yang ceramah di kampung sebelah, belum nih?? Hehe ...


Nyanyi dan joget bersama Kapolda Jatim, Kapolres se Madura, NTMC Polri, Duta Humas Polda dan Netizen setelah acara usai.


Tanda tangan dulu, sebagai tanda telah  menghadiri acara ini

Tak terasa acara yang penuh keakraban ini selesai, masih kurang lama rasanya bertukar pikiran secara langsung dengan para jajaran Polres dan Polda Jatim. Dinginnya malam itu dan ditemani gerimis kecil yang masih tersisa, membuat kami ingin segera merebahkan badan ini di atas kasur. Hari kedua, lanjutan agenda dari acara ini adalah wisata singkat. Seperti apa?? penasaran kan? langsung saja cek di postingan berikutnya yaitu gallery wisata netizen jatim di Bangkalan Madura. Besar harapan kami, kedepannya akan banyak kegiatan lain yang bisa mempererat hubungan  antara kepolisian dengan netizen sehingga bisa saling berkontribusi.
.

About Zamsjourney

Seorang blogger yang mempunyai hobi travelling dan photography sekaligus admin di HALOnetizen.com. Beberapa pengalaman saat travelling dan pengalaman lainnya bisa kalian baca di blog ini. Salam kenal dan semoga bermanfaat :)

6 comments:

  1. oiya, aku lupa nyantumin tentang kehadiran mbak-mbak cantik Polwan NTMC Polri... >.<
    senang sekali bisa diundang hadir ke acara keren ini. semoga bisa terus terjalin hubungan yang baik ya kitaa..

    *eh kok kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak masalah, biar ada sudut pandang yang berbeda, biar gk pandang-pandangan #eh ngelantur hahaha

      Hapus
  2. Ngorek2 tulisan senior. Essiiipp Mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. esssipp untuk kunjungannya firdaus :D

      Hapus
  3. wah pas mampir diblog senior, bawaannya pengen baca berulang-ulang

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih nila, semoga berkenan untuk sering mampir :)

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.