Fotografi

Bukit Pelalangan, Pesona Eksotisme Bukit Madura yang Harus Dikunjungi

Bukit Pelalangan, Pesona Eksotisme Bukit Madura yang Harus di Kunjungi


Potensi wisata di Pulau Madura terus menjadi sorotan wisatawan dari luar daerah. Beberapa tempat wisata lainnya sudah menjadi sangat populer, sebut saja Gili Labak dan wisata kolam renang guweh pote  yang sudah berhasil di blow up  pada awal-awal tempat ini dibuka untuk umum melalui forum kaskus . Tulisan ini langsung menembus lebih 50.000 pembaca dan  di share (secara langsung) lebih dari 300 kali, sekarang HALOnetizen, akan mencoba mengulas tentang Bukit Pelalangan Madura yang sudah menjadi buah bibir di kalangan pecinta photography.

Batu Besar Bukit Arosbaya

Bukit ini terletak di kecamatan Arosbaya, Kabupaten Bangkalan–Madura. Makanya bukit ini juga terkenal dengan sebutan bukit Arosbaya. Lokasinya tidak terlalu jauh dari jembatan Suramadu. Dibutuhkan sekitar 40 menit dari jalan akses Suramadu untuk menuju bukit ini. Tepatnya dekat dari lokasi wisata religi Pesarean/Makam Aer Mata Ebu--makam keluarga kerajaan di Madura pada zamannya. Kalian tinggal mengikuti jalan aspal--kampung, sebelah kanan sebelum tangga pintu masuk menuju pesarean.
Berkendaralah secara pelan-pelan dan jangan lupa untuk ramah menyapa penduduk sekitar, karena kalian akan melewati jalan perkampungan padat penduduk. Hanya dibutuhkan waktu seitar 5 menit menuju lokasi ini dari Pesarean Aer Mata. 

Pesona Bukit Pelalangan
Ada beberapa lokasi yang terbentuk seperti goa.
Tempat ini bukan dikelola pemerintah, melainkan di kelola secara swadaya oleh masyarakat sekitar. Waktu pengambilan photo-photo ini di bulan Maret 2015, masih belum ada tiket masuk. Tetapi info terakhir dari sebuah liputan jalan-jalan salah satu  TV swasta Indonesia yang meliput pada awal november 2015 kemarin, untuk menuju lokasi dikenakan tiket masuk sebesar: sepeda motor Rp. 5.000,- sedangkan mobil Rp. 20.000,-. 

Dana tersebut kemungkinan dikelola secara mandiri oleh masyarakat sekitar, agar objek wisata tersebut juga memberi manfaat ke warga. Dengan tarif masuk lokasi sebesar itu, aku kira masih tergolong murah dan sebanding dengan view yang akan kalian dapatkan disana. 

Konon katanya, view di tempat ini serasa berada di Petra! benarkah? makanya buktikan sendiri. Mau selfie, mau wefie, mau photo model atau photo gaya bebas pun bisa.


Pesona Bukit Pelalangan Arosbaya

Sebenarnya Bukit Pelalangan Arosbaya ini merupakan area tambang batu kapur. Yang membedakan dengan bukit kapur lainnya yang biasanya memiliki batuan berwarna putih adalah batu kapur di bukit Pelalangan berwarna kecoklatan. 

Konon penambangan batu kapur disini sudah berlangsung berpuluh-puluh tahun sehingga menghasilkan bukit se eksotis ini. Padahal menurut pengamatanku bukit ini tidaklah disengaja/dikonsep dibentuk menjadi seperti ini, sangat berbeda sekali jika dibandingkan dengan beberapa lokasi tambang lainnya, yang bukit kapurnya asal dibabat habis!.

Kubah  Bukit Pelalangan Arosbaya
Ada beberapa lokasi yang terbentuk seperti goa.


Indahnya Langit di Bukit Pelalangan Arosbaya
Langit di Bukit Pelalangan


Tangga  Bukit Pelalangan Arosbaya


Selebihnya siapkan kameramu,  datanglah ke Bukit Pelalangan Arosbaya di hari yang cerah dan sebelum matahari terbenam. Selamat mengabadikan spot photography yang berbeda daripada biasanya. 



jangan lupa sampah bungkus makanan-minuman yang kalian bawa buat bekal, dibawa pulang, jadilah generasi yang dewasa dan beretika ! "Jangan tinggalkan apapun selain jejak, jangan bunuh apapun selain waktu dan jangan ambil apapun selain gambar." 

View Bukit Pelalangan Arosbaya


Terimakasih telah menemaniku ke tempat ini :)

Jika tulisan ini dirasa bagus dan menarik, jangan lupa untuk di share ya 

About Zamsjourney

Seorang blogger yang mempunyai hobi travelling dan photography sekaligus admin di HALOnetizen.com. Beberapa pengalaman saat travelling dan pengalaman lainnya bisa kalian baca di blog ini. Salam kenal dan semoga bermanfaat :)

14 comments:

  1. ciyeee...rajin posting ciyeee *iri maksimal*
    yukk..kapan jalan-jalan lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayoookk, jalan-jalan klo ada waktu dan dana apalagi klo ada undangan/ajakan gratis.

      mumpung rajin ria, kasihan hardisknya sudah mau penuh dengan photo2 yang belum di publish :D

      Hapus
  2. Hayook kesana lagi mas, belom pernah jalan-jalan arosbaya neh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayokk, siapkan pasukan blogger dari surabaya-sidoarjo nanti tinggal calling :D

      Hapus
    2. haha siapp mas, jadi jadi tinggal cus yaa mas ke sana :D

      Hapus
    3. iya klo lg gk ada acara, tinggal berangkat :D dekat kok

      Hapus
  3. Kereeeen, foto-fotonya bikin mupeng mau ke sana :)
    Ajakin aku dong :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo mbak, cuma 40 menit saja dari Bangkalan :D

      Hapus
  4. yook sana lagi yook, atau cari tempat yang baru lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayook maz echo, kabari aja ntar di whatsapp :-bd

      Hapus
  5. Hihi... Cie udah rajin update nih kaka.. Eh kayaknya tinggal aku ini yang belum nyampek tempat ini... Kapan ajak aku kesanah???

    BalasHapus
    Balasan
    1. habis ini bingung mau nulis apalagi er :D. ayokk er ..kapan mau kesini?

      Hapus
  6. wishh keren bgts tempatnya, jadi pengen bangets kesana....

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.