Fotografi

Kolam Renang Guweh Pote, Unik Tidak Ada di Tempat Lainnya


Bagus bukan?? kolam renang ini dinamakan kolam renang Guweh Pote atau ada yang menulisnya dengan Gua Pote, dalam Bahasa Indonesia berarti kolam renang Gua Putih. Mengapa diberi nama Guweh Pote? menurut beberapa nara sumber, riwayat kolam ini bisa ada seperti sekarang karena dulu saat masyarakat melakukan penggalian batu kapur, muncul sumber mata air sehingga pengelola mempunyai inisiatif untuk menjadikannya kolam renang yang cantik.

Kolam yang terletak di desa Jaddih, Bangkalan Madura ini baru dibuka soft launching pada 28 Desember 2014. Menurut pengelola, kolam ini sebenarnya belum siap dibuka untuk umum karena pembangunan beberapa fasilitas seperti kamar ganti masih belum rampung tetapi terus dikebut karena animo masyarakat Bangkalan dan dari daerah luar seperti Sampang, Surabaya dll sangat tinggi.




Kolam renang ini memiliki tempat yang unik karena berada di bekas galian tambang batu kapur. Kolam ini dikelililingi bukit kapur yang menjulang tinggi. Di sekitar kolam ini dengan mudah kita akan menemukan pemandangan yang tidak biasa kita lihat sebelumnya. Lubang-lubang besar bekas galian di beberapa bukit bahkan beberapa diantaranya merupakan goa bekas persembunyian Jepang. 

View dari yang katanya dulu  Pos Pemantau Jepang  

Selain itu jika kita terus menjelajah kearah selatan dengan mudah kita akan menemukan masyarakat yang sedang melakukan penggalian dengan bermodal gergaji mesin dan cangkul sedangkan di sisi lain alat berat dari pengelola bukit tersebut terus bekerja tanpa henti.



Saat postingan ini ditulis fasilitas yang ada dilokasi kolam renang saat ini masih berupa seluncuran yang berjumlah 5 buah, 2 ember tumpah, lahan parkir yang aman, serta sekitar 4 kamar ganti dari kurang lebih 15 kamar ganti yang sedang dibangun, serta beberapa penjual lokal yang menjajakan jualannya disekitar kolam.


Untuk menuju lokasi kolam renang ini, dibutuhkan waktu sekitar 15 menit dari pusat pemerintahan kabupaten Bangkalan. Sekitar 18,5 KM atau 22 menit dari pelabuhan kamal. Dengan biaya sekitar Rp. 5.000,- per orang, kalian sudah bisa menikmati segarnya air kolam renang ini.

Semoga dengan keberadaan kolam renang ini, bisa semakin mendongkrak perekonomian masyarakat di sekitar lokasi dan menjadi salah satu jujukan wisata murah meriah di Bangkalan yang mampu menarik wisatawan dari luar,  setidaknya dari kabupaten dan kota yang mengelilingi Bangkalan.


Sebagai info tambahan dari pengelola kolam renang bukit Jaddih, setiap hari Minggu akan diberikan hiburan orkes organ tunggal di areal kolam renang. Siapkah kalian bermain air dan berenang  sambil berdangdut ria dengan para artis lokal yang bersuara merdu? 

Titik Lokasi di google maps : klik >> Kolam Renang Guweh Pote

About Zamsjourney

Seorang blogger yang mempunyai hobi travelling dan photography sekaligus admin di HALOnetizen.com. Beberapa pengalaman saat travelling dan pengalaman lainnya bisa kalian baca di blog ini. Salam kenal dan semoga bermanfaat :)

2 comments:

  1. Mas Zam .. kalau boleh tahu kalo dari alun2 bangkalan ke arah mana ya lokasinya ini?
    Benar2 interest banget nih..
    Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ke arah selatan mbak kira2 3 km kemudian baru masuk ke desa jeddih :)

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.