Fotografi

Masjid Cheng Ho, Masjid dengan Arsitektur Tiongkok

Masjid Cheng Ho Pandaan, Pasuruan
Masjid Cheng Ho Pandaan, Pasuruan
Kali ini saya berkesempatan mengunjungi masjid yang lebih dikenal dengan sebutan Masjid Cheng Ho Pandaan, Pasuruan. Siapa yang tidak mengenal dengan Masjid Cheng Ho ? ya masjid dengan arsitektur yang unik, yang kental dengan gaya tiongkok ini, sepengetahuanku masjid ini sudah ada di beberapa kota sebut saja di Surabaya, Palembang dan Pasuruan bahkan berdasarkan informasi setelah googling, di kota besar lainnya sedang dibangun Masjid Muhammad Cheng Ho.

Lokasi masjid ini terletak di pinggir jalan raya, dengan letaknya yang sangat strategis serta keunikan arsitektur, Masjid Cheng Ho Pasuruan ini selalu ramai di kunjungi para wisatawan yang menempuh rute Surabaya-Malang dan sebaliknya, baik itu sebagai tujuan wisata utama ataupun untuk menunaikan kewajiban  (red. shalat) sekaligus melepas penat setelah berjibaku dengan padatnya lalu lintas. Hal ini berbeda dengan lokasi Masjid Cheng Ho Surabaya yang terletak "sedikit tersembungi" di dalam komplek atau tepatnya  di areal komplek gedung serba guna PITI . 

Konon masjid ini dibangun atas prakarsa Bupati pasuruan bukan diprakarsai Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) seperti pendirian Masjid Muhammad Cheng Ho lainnya. Berdasarkan prasasti yang menempel di dinding, Masjid ini di resmikan pada tanggal 27 bulan juni tahun 2008 oleh Bupati Pasuruan yang menjabat saat itu.

Prasasti Masjid Cheng Ho Pandaan, Pasuruan
Prasasti Masjid Cheng Ho Pandaan, Pasuruan

Masjid ini terdiri dua lantai, berikut beberapa sudut Masjid Cheng Ho Pandaan, Pasuruan lainnya yang berhasil direkam kameraku.


Masjid Cheng Ho Nuansa BW
Masjid Cheng Ho Nuansa BW
Tampak Depan Masjid Cheng Ho Pasuruan
Pintu Utama Masjid Cheng Ho
Ornamen Pintu Utama Masjid Cheng Ho
Ornamen Pintu Utama Masjid Cheng Ho
Lantai 2 Masjid Cheng Ho Pandaan
Lantai 2 Masjid Cheng Ho
Kubah Masjid Cheng Ho Pandaan
Kubah Masjid Cheng Ho 
Belum sempat beli oleh-oleh dari wisata di Kota Malang ? jangan khawatir, di sebelah barat atau dibelakang masjid ini ada sekitar dua puluh stan yang menjual oleh-oleh. Masih belum puas ? datang aja ke sebelah selatan kawasan masjid ini lewat jalur belakang (jalan kecil tepat di belakang masjid) disana ada Pasar Wisata yang menjual buah-buahan, camilan, tahu tempe serta oleh-oleh lainnya komplit khas kota Malang. 

Ya walaupun disini bukan Kota Malang tetapi pasar wisata ini mengambil "peluang" dengan menjual oleh-oleh khas tetangganya yang namanya lebih tersohor. Inilah yang disebut peluang ... yang penting laku ...yang penting laris manisss hehe :D. Lapar ?? tenang disebelah utara masjid ini terdapat FoodCourt dan di dalamnya ada yang menjual TELO-panganan olahan dari ketela unggulan Kota Malang yang cocok untuk dijadikan "Buah Tangan" Special untuk keluarga di rumah.

About Zamsjourney

Seorang blogger yang mempunyai hobi travelling dan photography sekaligus admin di HALOnetizen.com. Beberapa pengalaman saat travelling dan pengalaman lainnya bisa kalian baca di blog ini. Salam kenal dan semoga bermanfaat :)

2 comments:

  1. aku pernah mampir di masjid ini pas malam hari. tapi gak sempet keliling T_T

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekarang sudah kesampaian kan ry ? berkeliling masjid cheng ho pasuruan di blog ini :D

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.