Event

Serunya Parade Budaya dan Pawai Bunga Surabaya


Pawai Budaya & Bunga Surabaya 2013
DEMI PAWAI: Salah satu peserta parade dengan menggunakan padu padan kostum dan dandanan yang khusus.
Kegiatan ini merupakan event tahunan yang dilaksanakan sebagai pembuka dari rangkaian kegiatan Perayaan Peringatan Hari Jadi Kota Surabaya. Parade Budaya dan Bunga 2013 merupakan tampilan budaya dari berbagai daerah. Kegiatan ini dimaksudkan untuk membangun komunikasi dan interaksi diantara daerah, masyarakat serta komunitas etnis/suku bangsa yang tinggal di Surabaya, Jawa Timur dan Indonesia.

Interaksi kebudayaan tersebut akan mewujudkan keharmonisan kehidupan masyarakat di tengah-tengah pluralitas budaya khususnya di Surabaya dan Indonesia pada umumnya. Parade Budaya dan Bunga 2013 dapat dijadikan sebagai etalase budaya, juga dapat digunakan sebagai media promosi produk maupun budaya daerah dengan segala bentuk "ART PERFORMANCE"

Kurang lebihnya begitulah penjelasan tentang acara "gawe" tahunan Surabaya yang dikutip langsung dari website pemkot Surabaya. Acara yang berlangsung meriah pada tanggal 5 Mei 2013 ini, sangat menyedot animo masyarakat Surabaya, wisatawan dan para photografer.


Suasana Pawai Budaya & Bunga Surabaya 2013
PADAT MERAYAP: Sepanjang jalan yang dilalui parade ini padat oleh animo masyarakat. 
Aku mendapatkan informasi tentang Parade Budaya dan Pawai Bunga Surabaya 2013 ini dari grup fotografi kamera saku, H-2 sebelum acara berlangsung. "Wah ini acara yang aku tunggu-tunggu, acara yang sempat membuat aku terjebak kemacetan panjang tahun kemarin." Ujarku dalam hati. Ya, tahun 2012 aku terjebak kemacetan di jalan Basuki Rachmat tanpa mengerti penyebab macetnya, baru setelah melewati Tunjungan Plaza, aku mengerti jika macet tadi disebabkan parade budayanya Surabaya.

Seperti biasa aku masih mengandalkan kamera kesayangan, Canon PS A2100IS. Kali ini aku ditemani Rotua, seorang mahasiswa yang berasal dari Medan. Dia membawa kamera DSLRnya. Dengan banyak pertimbangan untuk menghindari kemacetan, aku putuskan untuk memarkir motor di WTC di jalan Pemuda. Kemudian kami berjalan kaki ke arah barat sekitar 500 meter menuju gedung Grahadi Surabaya.

Pukul 15.00 WIB sinar matahari sangat menyengat dan terasa membakar kulit. Beberapa jepretan photo yang dihasilkan tidak maksimal akibat over exposure karena kuatnya sinar matahari. "Beneran mateng nih klo terus-terusan disini", akhirnya kami berjalan lebih jauh lagi menuju depan Tunjungan Plaza (TP). Disini sinar matahari sedikit terhalang beberapa gedung tinggi disekitar TP.

Berikut ini beberapa hasil  jepretanku :

Pawai Budaya & Bunga Surabaya 2013
Putri Kupu-kupu

Pawai Budaya & Bunga Surabaya 2013

Parade Budaya &  Pawai Bunga Surabaya 2013
Rombongan dari Bandung

Parade Budaya &  Pawai Bunga Surabaya 2013
PHOTOLAH AKU: Banyak masyarakat memanfaatkan parade ini untuk foto bersama.

Parade Budaya &  Pawai Bunga Surabaya 2013
DEMAM KAMERA: Semua warga berebutan untuk foto bersama dan mengabadikan sehingga agak menggangu parade.
Parade Budaya &  Pawai Bunga Surabaya 2013
TARIAN NAGA:  Barongsai dan Naga juga ikut memeriahkan parade budaya .

Parade Budaya &  Pawai Bunga Surabaya 2013
ASLI: Salah satu peserta pawai bunga yang dihiasi bunga dan tanaman asli. 

Parade Budaya &  Pawai Bunga Surabaya 2013
FAVORIT: Reog ponorogo merupakan salah satu objek foto paling diburu.

Parade Budaya &  Pawai Bunga Surabaya 2013
Rombongan "pejuang" dan sepeda kuno.

Parade Budaya &  Pawai Bunga Surabaya 2013
Musik Ul-daul

Sebagai catatan dan sorotan untuk acara ini, acara ini sangat menarik tetapi untuk kedepannya, Pemkot Surabaya harus memperhatikan dan mencari solusi semrawutnya catwalk jalanan yang dilalui parade. Banyak warga yang tumpah ruah di jalanan, narsis dan terserang demam kamera digital. Mereka menghalangi wisatawan dan para fotografer untuk mengabadikan parade budaya ini. Akibatnya sempat bergelayut pertanyaan dan gunjingan di timeline media sosial "Apa yang mau di foto klo begini? begini ini efek dari murahnya hp dan kamera tetapi pengguna tidak beretika".

About Zamsjourney

Seorang blogger yang mempunyai hobi travelling dan photography sekaligus admin di HALOnetizen.com. Beberapa pengalaman saat travelling dan pengalaman lainnya bisa kalian baca di blog ini. Salam kenal dan semoga bermanfaat :)

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.